Selasa, 27 November 2012

Sukses Dookie (1994-1996)

Billie Joe Armstrong (1994)


Kesuksesan terselubung Kerplunk mengarah pada banyaknya major label yang tertarik untuk mengontrak Green Day. Mereka kemudian menunggalkan Lookout! dan menandatangani kontrak dengan Reprise Records setelah menarik perhatian produser Rob Cavallo. Mereka terkesan dengan hasil kerjanya dengan The Muffs, hingga mereka kemudian menyatakan bahwa Cavallo “adalah satu-satunya orang yang dapat kami ajak bicara dan berhubunga dengan music”. Adanya kontrak dengan Reprise menyebabkan banyak penggemar punk rock menganggap Green Day  melakukan sellout. Mengenai cobaan mereka pada periode tersebut, Armstrong berbicara kepada majalah Spin pada 1999,
Tre' Cool (1994)
" I couldn’t back to the punk scene, whether  we were the biggest success in the world or the biggest failure… the only thing I could do was get on my bike and go forward "

Pasca kontrak dengan Reprise, mereka mulai bekerja dengan album mayor perdana mereka, Dookie. Direkam dalam kurun waktu 3 minggu dan dirilis pada February 1994, Dookie menuai sukses komersial, terbanti oleh pemutaran MTV yang sangat sering untuk lagu “Longview”, “Bascet Case”, dan “When I Come Arround”, dimana semua lagu tersebut mencapai posisis 1 di chart Modern Rock Track. Pada tahun yang sama, Green Day melakukan tour nasional dengan band  Queercore Pansy Division sebagai aksi pembuka. Pada penampilan 9 september 1994 di Hatch Memorial Shell di Boston, terjadi kerusuhan saat set mereka (dipotong menjadi 7 lagu) dan ketika kerusuhan tersebut berakhir, 100 orang terluka dan 45 orang ditahan. Green Day juga mengikuti festival Lollapalooza dan Woodstock ’94, dimana mereka memulai perang lumpur. Pada salah satu konser, seorang petugas keamanan salah mengira bassist Mike Dirnt sebagai penggemar yang menaiki panggung dan memukulnya di bagian mulut. Dilihat oleh jutaan pemirsa TV, penampilan Woodstock 1994 semakin mengangkat publisitas Green Day dan membantu mendorong penjualan album mereka ke status Diamond. Pada tahun 1995, Dookie memenangkan Grammy Award untuk Best Alternative Album. Mereka juga mendapatkan nominasi atas 9 MTV Video Music Award termasuk Video of the Year.
 
Mike Dirnt (1994)
Pada tahun 1995, single baru untuk soundtrack Angus berjudul “J.A.R” dirilis. Single tersebut berhasil menduduki posisi 1 di chart Billboard Modern Rock Track. Lagu tersebut kemudian diikuti  oleh album studio keempat mereka, Imsomniac, yang dirilis pada musim gugur  1995. Album tersebut awalnya mendapat respon hangat, mendapatkan 4 dari 5 bintang Rolling Stone. Single yang dirilis dari Imsomniac adalah “Geek Stink Breath”, “Stuck with Me”, “Brain Stew/Jaded”, dan “Walking Contradiction”. Walaupun album tersebut tidak menuai sukses sebesar Dookie, Imsomniac terjual sebanyak 2 juta copy di Amerika Serikat. Sebagai tambanahan, album tersebut membawa Green Day memenangkan nominasi penghargaan untuk “Favorite Artist”, “Favorite Hard Rock Artist”, dan “ Favorite Alternative Artist” pada American Music Award tahun 1996. Video music untuk “Walking Contradiction” mendapatkan nominasi Grammy untuk “Best Video, Short Form”, dengan tambahan untuk nominasi “Best Special Effect” di MTV Video Music Award. Pada tahun 1996, Green Day secara mendadak membatalkan tour Eropa mereka atas alasan kelelahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar